filosofi

“Hal paling indah di dunia tidak dapat dilihat atau disentuh. Hal tersebut hanya bisa dirasakan dengan hati”

Selasa, 12 April 2016

tips rumah nyaman di musim hujan

Musim hujan merupakan anugrah yang harus disyukuri. Namun, jika tidak mempersiapkan segala sesuatunya, ada kerepotan yang bisa kita alami. Sejumlah hal harus disiapkan untuk menyambut musim hujan. Mengecek bangunan rumah adalah salah satunya.



Bagian pertama yang harus diperiksa adalah saluran drainase. Saluran ini harus bebas dari sampah dan kotoran. Diameter pipa perlu ditimbang ulang dengan mempelajari kembali kondisi musim hujan sebelumnya. Apakah pipa masih mampu menampung air atau perlu diperbesar lagi? Posisi kemiringan pipa juga perlu diperiksa. Letak pipa yang terlalu landai akan memicu terjadinya genangan air.



Setelah memastikan kesiapan saluran air, selanjutnya kita bisa mengecek dinding rumah yang terpapar langsung air hujan. Dinding bagian luar sebaiknya dilapisi cat tahan air untuk mencegah dinding lembap dan mengelupas. Jika terdapat retakan pada dinding luar, disarankan untuk dibobok terlebih dahulu kemudian diplester dan dipulas dengan cat tahan air.

Selanjutnya kita bisa memeriksa lantai teras rumah dan car-port. Sebaiknya gunakan lantai yang bertekstur agar saat tersiram air tidak licin. Bagian yang juga tak kalah penting untuk di cek adalah genteng dan atap rumah. Atap yang landai menyebabkan air menggenang yang kemudian memicu bocor. Sudut kemiringan atap yang ideal adalah 30-40 derajat.

Amati juga susunan genteng dan pastikan tidak ada bagian yang rusak atau terdapat celah yang bisa membuat air merembes ke dalam rumah. Genteng harus dipasang dengan teknik yang tepat sehingga semua genteng saling mengunci. Lalu bersihkan bagian talang air yang biasanya tersumbat kotoran atau dedaunan kering. Jika ada bagian talang yang pecah harus segera ditambal atau diganti dengan talang baru.

sumber : http://bc.vc/uU6UnL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar